Photobucket
Photobucket

Kamis, 26 Mei 2011

Komposisi dan cara membuat malam Part 1

Arisy Aghni
Koposisi dan cara membuat malam  Part 1
Seperti yang telah saya janjikan pada postingan yang lalu, maka saya kali ini posting tentang cara membikin malam dan komposisinya. Malam adalah nama salah satu dari bahan untuk pembikinan Batik, warnanya coklat, bentuknya keras agak lentur dan kalau dipanaskan ia akan mencair. Malam digunakan untuk menutup kain bahan batik sehingga jika kain tsb diberi pewarna, maka kain yng tertutup olehnya tidak akan terkena warna. Dan karena malam tsb ditulis atau dicap pada kain batik sedemikian rupa yaitu berbentuk lukisan motif batik, maka setelah dihilangkan (dilorod)terbentuklah lukisan motif pada kain batik

.Adapun bahan baku untuk membikin malam yang biasa dipakai oleh pengrajin batik Cirebon pada umumnya ada 4 macam, yaitu :
    1.      Gandar
    2.      Busir
    3.      Dadu.
    4.      Minyak goreng
Saya tidak bisa menerangkan terbuat dari apa gandar dan busir , karena saya nggak tau  he.. he ..Kalau dadu yaitu berasal dari proses pelorodan yaitu ketika kain dilorod maka malamnya lepas dan mengapung pada air plorodan kemudian diserop dgn serop khusus lalu dimasukkan ke dalam air dingin sehingga membeku dan inilah yang dimaksud dgn Dadu. Jenis malam ada 2 macam, yaitu malam cap atau disebut juga malam baron dan malam tembok. Malam cap atau malam baron dipergunakan untuk mengecap yang bermotip lengrengan, nglengreng dan ngisen-ngiseni, sedangkan malam tembok dipergunakan untuk mengecap yang bermotif tembokan dan membatik nembok. Dan tentu saja untuk membikinnya, komposisi bahannya berbeda.
Adapun  komposisi pembikinan malam diantara pengrajin itu berbeda-beda. Tetapi standarnya kalau untuk malam baron, perbandingan antara Gandar : Busir : Dadu adalah 3 : 1 : 1  artinya kalau kita akan membikin malam malam dengan gandar  6 kg ,  maka busirnya  2 kg  dan dadunya 2 kg . Adapun pemakaian minyak gorengnya, karena minyak goreng ini berfungsi untuk melenturkan malam yaitu agar motif batiknya tidak terputus-putus, maka pemakaiannyapun tergantung dadunya. Artinya kalau dadunya sudah lentur ya tentu saja pemakaian minyaknya dikurangi. Tetapi biasanya untuk ukuran diatas memakai minyaknya + 3 ons dan ini  bisa dipergunakan untuk mengecap rengrengan 30 ptng bahan batik panjang 2 mtr.
            Segini dulu ya  !  Adapun komposisi untuk malam tembok dan cara menggodog malam, serta pengaruh atas komposisinya Insya Allah akan saya postkan mendatang. OK.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar