Photobucket
Photobucket

Kamis, 26 Mei 2011

Komposisi dan cara membuat malam Part 2

Arisy Aghni  
Komposisi dan cara membuat Malam  Part 2
OK ini lanjutan postingan yang lalu dan masih tentang malam.  Kalau nggak salah  yang lalu tuh baru sampai tentang komposisi malam baron kan ? dan ini saya lanjutin tentang komposisi malam tembok
Perbandingan  gandar : busir : dadu untuk malam tembok adalah 5 : 3 : 22,  adapun minyak gorengnya  +  /2  kg. Banyaknya dadu pada komposisi malam tembok ini yaitu agar hasil tembokannya tebal sebab kalau tipis nanti akan masuk obat sehingga hasilnya kurang baik.
    Adapun pengaruh perbandingan pada kualitas malam yaitu :
   Kalau terlalu banyak gandar, malamnya bersih tapi dipakainya kurang lancar karena malamnya kental dan hasilnyapun sering terputus-putus. Dan kalau terlalu banyak busir, malamnya  jadi terlalu cair sehingga dipakainya akan mengembang dan tipis juga akan timbul kerak pada canting maupun cap sehingga menyulitkan proses mbatik maupun ngecap.
        Kalau terlalu banyak dadu, maka malamnya kalau untuk ngecap dan nglengreng, dipakainya seret.
               Adapun cara menggodog malam, sbb.
         Seperti yang telah saya terangkan tadi, bahwa yang namanya dadu itu adalah hasil seropan dari air plorodan. Oleh karenanya tentu saja banyak airnya. Untuk itu harus dihilangkan dulu airnya yaitu dengan di godog didalam drum sehingga airnya habis menguap. Tanda bahwa dadu tsb sudah tidak mengandung air lagi, yaitu sudah tidak berbuih lagi. Setelah itu gandar dan busir nya dimasukkan dan terus digodog sampai semuanya menjadi cair dan menyatu. Dan kalau asap yang keluar dari malam yang digodog ini sudah agak banyak maka proses penggodogan malam ini selesai. Kemudian apinya dimatikan sebab kalau digodog terus maka akan tinbul asap yang ledih banyak dan baunya menyengat. Tentu saja ini kurang baik untuk kesehatan. Lalu minyak gorengnya dituangkan kedalam godogan malam tsb terus diaduk-aduk hingga rata. Kemudian di tuang kedalam paso malam (sejenis wajan besar) atau dicitak, biarkan malam tersebut dingin dan membeku  ..eh kaya syair lagu dangdut yah...Tapi ini memang beneran . dan kalau sudah beku maka tinggal dicopot saja malam terdebut dengan cara pasonya dibalik kemudian disiram dengan air panas, nanti malamnya akan copot dengan sendirinya. Setelah itu, bisa dipakai deh itu malam.
Gampang kan? , tetapi kalau masih kurang paham silahkan datang ke  tempat Pengrajin Batik Ang Oeng Masykur, Desa Kalitengah, Blok Kebagusan, Kec. Tengahtani, Kab, Cirebon, atau hubungi email
untuk postingan selanjutnya  kalau nggak salah berjudul tehnik membatik Insya Allah segera dipostkan
           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar